Studi Lapangan

1:40 PM

Subagja Budi Laksana 1605174130
Azi Salman F 1605171069

Pada tanggal 5 september 2018, kami mendapat tugas untuk mencari tahu tentang kain kain pada toko kain. Kebetulan kami menemukan toko kain yang menjual kain kain yang sering digunakan untuk membuat gamis. Toko yang kami kunjungi bernama toko RAI RAKA, dari toko tersebut kami mendapatkan ilmu tentang nama nama kain dan jenisnya, menurut penjaga toko tersebut ditahun ini kain yang sedang banyak dicari para pengusaha konveksi daerah kabupaten bandung adalah kain Balotelli dan Wool Piece. Berikut adalah penjelasan berbagai macam kain yang kami dapatkan dari penjaga toko yang kami tanyai :

1. Balotelli
Kain balotelli memiliki tekstur dan pola kain yang unik. Kain balotelli sebenarnya banyak jenisnya dari kain balotelli yang biasa, grade A, bermotif printing, dan lainnya. Namun yang kami dapatkan pada saaat itu yaitu kain balotelli yang biasa dan bermotif atau kain balotelli embos menurut penjaga toko tersebut. Kain balotelli embos memiliki motif yang digambar tanpa tinta melainkan menggunakan cetakan panas jadi motif yang terbentuk memiliki tekstur khusus. Berikut adalah foto kedua kain balotelli yang kami dapatkan :

2. Woolfis / Woolpeach
Kain woolfis menurut penjaga toko tesebut terbuat dari campuran katun, sutra, dan bahan sintetis. Kain wolfis memang tipis dan ringan namun teksturnya padat sehingga tidak tembus pandang saat dikenakan, dan karena bahannya yang menggunakan campuran bahan sintetis membuat kain wolfis terlhat lebih menarik dengan warna yang sangat bervarian. Berikut adalah foto kain wolfis yang kami dapatkan :













3. Ceruti
Bahan ceruti biasanya banyak digunakan untuk membuat gamis karena warna warna cerahnya yang menarik dan memiliki ciri khas yaitu kainnya yang tipis hampir seperti sifon. Kain ceruti memiliki tekstur yang sedikit kasar namun teap halus. Berikut adalah foto kain ceruti :
















4. Maxmara
Kain maxmara memiliki tampilan yang hampir mirip seperti satin karena mengkilap serta kain maxmara memiliki tekstur dan seratnya tersusun rapih. Kain maxmara memiliki beberapa jenis yaitu maxmara lux, maxmara galaxy, dan maxmara midi. Berikut adalah fotoo dari kain maxmara :





5. Rayon
Kain rayon adalah kain yang terbuat dari bahan sintetis atau semi sintetis yang dibuat didunia. Bahan rayon memiliki karakteristik daya serap yang tinggi serta lembut. Berikut adalah foto dari kain rayon :
















6. Satin
Kain satin memiliki permukaan yang lembut sehingga nyaman saat digunakan dan kain satin memiliki ciri khas yaitu licin dan mengkilap, sedangkan bagian belakang sebaliknya yang tidak mengkilap dan tidak licin. Berikut adalah foto kain satin :
















7. Triji
Kain triji memiliki warna yang khas karena disetiap kain triji selalu ada corak yang berwarna lebih gelap dari warna dasar yang digunakan pada kain tersebut. Berikut adalah foto kain triji :



















8. Bubble pop
Nama asli kain bubble pop adalah bubble crepe, namun banyak orang yang menyebutnya bubble pop. Bubble crepe memiliki tekstur yang menyerupai kulit jeruk yang khas, bahan yang jatuh, dan ringan, namun bubble crepe daya serapnya sangat lemah. Bubble crepe juga memiliki berbagai macam jenis salah satunya yang memiliki motif yang diterapkan menggunakan digital printing. Berikut adalah foto kain bubble crepe :

















9. Wolly crepe
Kain wolly crepe memiliki kelebihan yaitu ringan, tidak kaku, tidak licin, tidak mudah kusut dan tidak nyeplak. Kain wolly crepe yang kami dapatkan kebetulan memiliki motif yang terbuat dari beludru. Berikut adalah foto dari kain wolly crepe :

















10. Amunzen
Amunzen termasuk salah satu bahan kain premium karena bahannya yang tebal namun tidak membuat gerah serta lembut saat dikenakan, dan susunan serat yang rapat sehingga tidak terawang atau tidak tembus. Bahan amunzen banyak diminati oleh penggemar syar’I namun karena harganya yang cukup mahal membuat konveksi konveksi kurang meminati kain tersebut. Kain amunzen yang kami dapat ada 2 yaitu amunzen biasa dan amunzen embos. Berikut adalah foto kain amunzen :

11. Katun jepang
Katun jepang adalah kain yang cukup mahal karena kualitasnya yang bagus. Selain adem saat digunakan juga mudah menyerap keringat. Biasanya digunakan untuk baju ditempat tropis karena motifnya yang selalu bergambar bunga dan semacamnya. Berikut adalah foto dari kain katun jepang :















12. BSY
Kain BSY biasa disebut besway. Kain bsy biasanya digunakan untuk baju yang full printing karena hasil baju printing akan lebih bagus jika menggunakan kain bsy. Kain bsy memiliki tekstur yang halus, lembut, dan tidak panas. Berikut adalah foto kain bsy :
















13. Katun supernova
Katun supernova sangatlah ringan namun tipis dan tembus pandang. Tapi memiliki tekstur yang lembut dan adem. Biasanya banyak yang menggunakan kain katun supernova sebagai pengganti katun biasa karena harganya yang murah. Berikut adalah foto kain katun supernova :

Cukup sekian kain yang kami bahas bersama penjaga toko tersebut. Semua penjelasan diatas pure hasil tanya jawab kami bersama penjaga toko. Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan kesalahan penjelasan yang kami dapat.
Terimakasih.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

music

...